sewa mobil solo murah

Melihat Sejarah Pers Indonesia di Museum Pers Nasional Surakarta

Tidak hanya memiliki destinasi wisata berupa keraton, pasar, taman atau benteng, Kota Surakarta juga memiliki beberapa destinasi wisata berupa museum. Salah satu museum yang ada di Solo adalah Museum Pers Surakarta. Museum ini merupakan bangunan yang dibangun oleh pangeran dari Mangkunegaran yaitu KGPAA Mangkunegaran VII pada tahun 1918. Awalnya bangunan ini bernama Societeit Sasana Soeka dan dibangun sebagai tempat berkumpul dan mengadakan pertemuan.

Tempat ini memiliki sejarah yang panjang dimana pada 1933, Sarsito Mangunkusumo dan beberapa insinyur lainnya bertemu di gedung ini dan merintis Solosche Radio Vereeniging yang merupakan radio publik pertama yang dioperasikan oleh pribumi Indonesia bukan warga Belanda. Pada 9 Februari 1946, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dibentuk di gedung ini juga. Saat ini gedung ini berfungsi sebagai museum dan menjadi sara pendidikan bagi pelajar dan masyarakat di Solo dan sekitarnya.

Di Museum Pers Surakarta terdapat banyak sekali koleksi yang berhubungan dengan dunia jurnalistik. Museum ini terdapat sejuta surat kabar dan majalah dari masa sebelum dan sesudah revolusi Indonesia. Terdapat pula alat-alat yang digunakan untuk meliput berita berupa alat komunikasi, teknolgi reportase antara lain telepon, mesin ketik, alat pemancar, kamera, dan masih banyak lagi koleksi lainnya. Selain berfungi sebagai museum, tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat pertemuan atau seminar.

Lokasi Taman Museum Pers Nasional Surakarta:

Museum Pers Nasional Surakarta berlokasi dekat dengan Pura Mangkunegaran tepatnya Jalan Gajah Mada No.76, Timuran, Banjarsari, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokasinya berada di pusat Kota Solo sehingga wisatawan akan mudah mencarinya karena aksesnya gampang dan bisa dilewati berbagai macam kendaraan. Bagi wisatawan yang Liburan di Solo dan tertarik untuk datang bisa mampir ke tempat ini dan sewa mobil solo murah jika datang dalam jumlah besar.

Tiket dan Jam Buka Museum Pers Nasional Surakarta:

Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Tiket masuk kawasan ini Rp. 5.000,- per orang.

Tips Wisata Museum Pers Surakarta:

  1. Pakailah busana yang enak dipakai saat berkunjung disini.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman.
  3. Abadikan setiap momen penting di tempat ini.
  4. Jangan merusak koleksi yang ada.
  5. Jagalah kebersihan kawasan museum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *