Macam-macam Terapi Pengobatan

Menilik dari kata-kata terapi pengobatan kita akan langsung mengasumsikan rumah sakit, orang sakit, obat, apotek dan macam-macam lainnya. Ternyata untuk meneliti macam-macam terapi pengobatan bukan hanya sekedar yang telah disebutkan barusan. Ada berbagai jenis terapi pengobatan lain yang mungkin untuk sebagian orang masih asing untuk dicoba.

Macam-macam Terapi Pengobatan

Macam-macam Terapi Pengobatan

    1. Terapi konvensional

Yaitu jenis terapi yang sudah mendarahdaging disetiap lini masyarakat kita. Metode kedokteran atau medis yang mendominasi hampir setiap pengobatan sebuah penyakit. Acapkali seorang pasien divonis suatu penyakit dokterlah orang pertama yang dicarinya. Hal ini karena ilmu kedokteran memang sudah terbukti mampu mengurangi bahkan menyembuhkan rasa sakit sejak bertahun-tahun lalu.

    1. Terapi Alternatif

Banyak jenis terapi alternatif yang ditawarkan saat ini. Metode terapi pengobatan ini mengedepankan pendekatan yang tidak melibatkan bahan kimiawi atau sintetik. Lebih kepada bahan herbal dan tindakan manual yang savyy human. Beberapa terapi pengobatan alternatif yang bisa kita coba :
A. Tetapi herbal
Metode pengobatan lewat bahan-bahan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Seperti jahe, belimbing wuluh, temulawak dan lain sebagainya. Bahan-bahan ini diracik biasanya dapat berupa jamu, minuman, atau bumbu-bumbu dapur.
B. Yoga
Terapi pengobatan lewat yoga lebih menekankan pada meditasi dan tapa. Dimana seseorang diharapkan dapat menenangkan pikiran yang berefek positif pada kesehatan jasmani dan rohani.
C. Aroma terapi
Media yang digunakan pada metode ini adalah wewangian dari berbagai bunga atau tumbuhan. Contoh dari aroma terapi adalah penggunaan minyak lavender. Selain wanginya yang menyegarkan, ternyata efek dari menenangkan diri dengan menghirup wewangian ini membuat hormon tubuh stabil dan dapat berfungsi sempurna kembali.
D. Totok darah
Biasanya dilakukan oleh ahli totok yang bersertifikat resmi. Totok ini dapat dilakukan diberbagai anggota tubuh, seperti totok wajah, totok perut, totok persarafan, totok pencernaan. Fungsinya adalah memperlancar peredaran darah agar lebih teratur. Menghilangkan atau mengencerkan gumpalan-gumpalan darah yang mengalami penyumbatan. Efek dari terapi pengobatan totok ini adalah diperolehnya kesegaran dan kestabilan stamina yang optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *