Aplikasi dan Pemanfaatan Panel Surya

Sistem Off Grid, On Grid PLTS

Merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya untuk daerah-daerah terpencil/pedesaan yang tidak terjangkau oleh jaringan PLN.

Off Grid System disebut termasuk Stand-Alone PV system yaitu sistem pembangkit listrik yang cuma mengandalkan daya matahari sebagai salah satu sumber daya utama dengan mengfungsikan rangkaian photovoltaic modul (Solar PV) untuk menghasilkan daya listrik cocok dengan kebutuhan.

Sistem off grid biasanya digunakan terhadap daerah/wilayah yang jauh / tidak terjangkau jaringan listrik (PLN).. Beberapa product off grid system diantaranya SHS (Solar Home System), PJUTS, dan PLTS Komunal untuk system berskala besar..

 

On Grid /Grid Tie System :

Sistem ini mengfungsikan solar panel (panel photovoltaic) untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Dengan ada sistem ini akan mengurangi tagihan listrik rumah tangga, dan beri tambahan nilai jadi terhadap pemiliknya.

Rangkaian sistem ini akan tetap berhubungan dengan jaringan PLN dengan mengoptimalkan pemakaian daya berasal dari panel surya untuk menghasilkan daya listrik semaksimal mungkin.

 

Hybrid System :

Adalah pemakaian 2 sistem atau lebih pembangkit listrik dengan sumber daya yang berbeda. Umumnya sistem pembangkit yang banyak digunakan untuk hybrid adalah genset, PLTS, mikrohydro, tenaga angin.

Sistem ini merupakan salah satu alternatif sistem pembangkit yang pas diaplikasikan terhadap daerah-daerah yang sukar dijangkau oleh sistem pembangkit besar layaknya jaringan PLN atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Sistem hybrid ini mengfungsikan renewable energy sebagai sumber utama (primer) yang dikombinasikan dengan genset atau lainnya sebagai sumber daya cadangan (sekunder). Kami termasuk mendesain product SHS yang ditambah fitur backup / input cadangan yang bisa disesuai dengan kebutuhan, diantaranya SHS Hybrid, dan UPS.

 

Aplikasi Panel Surya Untuk Rumah

Pemakaian daya alternatif terbarukan layaknya cahaya matahari, kian diminati. Namun tak banyak orang yang mengetahui bagaimana aplikasi solar panel untuk konsumsi ritel atau perumahan.

 

Panel matahari terdiri berasal dari {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} jenis, diantaranya jenis Monocrystal, Polycrystal, dan Thin Film. Masing-masing jenis punya kekuatan penyerapan radiasi matahari yang berbeda, terkait besarnya panel dengan satuan ukuran Watt Peak (Wp). Demikian penjelasan Chaqoqo, Product Marketing Photovoltaic & LED Light Marketing Department, Sharp Electronics Indonesia. Soal harga panel surya, kata Chaqoqo, biasanya per watt peak konsumen kudu merogoh kocek kira-kira USD4,5 – USD5.

“Masing-masing panel bisa menghasilkan arus listrik yang berbeda, cocok dengan jenis panel surya,” tutur Chaqoqo. Contoh, jenis panel 60 Wp bisa menghasilkan daya sebesar 60 Watt per jam terhadap keadaan pemanasan matahari puncak (peak), yang dihitung kira-kira 4 – 5 jam per hari, pada jam 9 pagi hingga jam 2 siang.

Sehingga terkecuali ditotal per hari pemanasan, mengunakan panel 60 Wp bisa menghasilkan daya: 60 Watt x 5 Jam = 300 Wh (Watt Hour). Untuk jenis panel lain, kata Chaqoqo, layaknya jenis 130 Wp atau 185 Wp, langkah penghitunganya sama.

 

On Grid System dan Off Grid System

Ada dua jenis Instalasi panel surya yang bisa diterapkan, masing-masing berkaitan dengan peralatan pedukung yang digunakan.

Pertama, On Grid System Installation (Intalasi Panel Surya tanpa Menggunakan Baterai). Peralatan yang di mengfungsikan adalah On Grid Inverter yang bisa di koneksi segera dengan sumber listrik berasal dari PLN atau sumber listrik lain.

Kedua, Off Grid System Installation (Instalasi Panel Surya mengfungsikan Baterai). Untuk Intalasi Off Grid dengan sistem DC, perlatan yang di mengfungsikan adalah panel surya, controller, dan baterai. Untuk mengubahnya menjadi arus AC, kudu ditambahkan inverter. Seluruh alat tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun PJU solar cell. Alat tersebut bisa diperoleh di Inaport.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *